Monday, April 07, 2008

Asal Usul Teh

(versi Goscinny & Uderzo)

Pernah ada satu cerita tentang awal mula bangsa Inggris senang minum teh. Satu ketika, seorang dukun dari Inggris datang ke kampung Ghalia. Dalam versi aslinya, ditulis Gaule. Ia bermaksud meminta ramuan ajaib kepada dukun dari bangsa Ghalia. Ramuan yang diyakini sangat ampuh untuk menambah kekuatan bagi siapa saja yang meminumnya. Ia membutuhkannya karena bangsanya, bangsa Inggris, sering terdesak dalam perang menghadapi bangsa Romawi.

Maka dibuatkanlah ramuan itu, oleh dukun Panoramix di kampung Ghalia. Setelah selesai, Panoramix mengantarkan rekan sejawatnya tadi pulang ke Inggris. Bersamanya, turut pula Asterix, Obelix, dan tak ketinggalan Idefix.

Sayangnya, perjalanan itu tak mulus. Mata-mata Romawi berhasil mengetahui bahwa rombongan kecil itu sedang mengemban misi penting: membawa senjata rahasia bagi bangsa Inggris untuk menghadapi tentara Romawi. maka rombongan kecil itu terus menerus mendapatkan gangguan. Berbagai upaya dilakukan untuk merebut ramuan yang dibawa dalam gentong kayu tersebut. Setidaknya, mencegahnya agar gentong ramuan ajaib tadi tidak sampai ke bangsa Inggris.

gambar diambil dari sini

Tentara Romawi memang gagal mendapatkan gentong itu, tapi mereka berhasil menghancurkannya. Maka pupuslah harapan dukun Inggris untuk dapat menolong bangsanya dengan bantuan ramuan ajaib bangsa Ghalia.

Untunglah dukun Panoramix cerdik. Ketika mereka telah tiba di Inggris, dukun dengan bersabit emas itu mengatakan bahwa ia bisa membuat ramuan itu. Padahal mereka berada jauh dari kampung Ghalia, dan beberapa rempah-rempah harus diambil dari hutan di dekat kampung Ghalia itu. Tapi Panoramix meyakinkan yang lain bahwa ia bisa, sambil menunjukkan daun-daun yang ada di saku jubah putihnya. Kebetulan di perjalanan Panoramix memang memetik daun yang tumbuh di pegunungan.

Lalu dibuatlah ramuan dengan menggunakan daun tadi sebagai bahannya. Tentu saja Asterix tahu, bahwa ramuan yang dihasilkan bukanlah ramuan ajaib. Namun bangsa Inggris tidak mengetahuinya, bukan?

Setelah meminum ramuan itu, bangsa Inggris sangat yakin bahwa kekuatan mereka sudah bertambah. Bukankah mereka sudah minum ramuan ajaib? Hasilnya sungguh menakjubkan. Di dalam pertempuran, mereka bisa mengalahkan tentara Romawi. Misi berhasil, dan Asterix beserta kawan-kawannya pulang kembali ke Ghalia.

Dalam perjalanan pulang, Asterix sempat bertanya daun apakah sebenarnya yang digunakan Panoramix untuk membuat ramuan itu. Panoramix, menjawab singkat:
"Daun teh."

Kalau hanya daun teh, kenapa ramuan itu bisa begitu berkhasiat bagi bangsa Inggris pada saat itu hingga mampu mengalahkan tentara Romawi? Ataukah Panoramix berdusta dan memasukkan ramuan lain ke dalam panci tehnya? Rasanya tidak seperti itu.

6 comments:

meiy said...

hikmahnya, kepercayaan lebih penting dr segalanya.

Eucalyptus said...

He he he, whatever ceritanya, aku ini penggemar teh lho

Admin said...

yang bikin tangguh bukan ramuannya, tapi rasa percaya dirinya =)

anyway, mari tukeran link...

saya sudah pasang TEXT LINK ke sini di 2 tempat, harap di-link back =)

1/ lowongankerja87.com >> harap link dgn text "lowongan kerja terbaru"


2/ uangpanas.com >> harap dilink dgn text "lowongan kerja sambilan" (dilink di halaman depan bagian bawah)

di situsnya ada code bannernya juga, jadi kalau mau pasang banner link jg boleh. Ditunggu sekali link balasannya. Makasih =)


PS :: YANG MAU DAPAT BACKLINK, silakan datang ke situs saya dan baca penjelasannya =)

Since-Yen said...

Ati-ati, bayi jangan sampe kerebus di dalam panci teh, ntar gelembung kayak Obelix ;p

mel@ said...

asterixxx... bener-bener komiikkk favoritt deee...
sayaaang... sekarang harganya mahalll bangeet...
padahal duluu... belinya cuma 5rebuuu...

Anonymous said...

Anda membuat beberapa poin bagus di sana. Saya melakukan pencarian pada subyek dan ditemukan terutama orang akan persetujuan dengan blog Anda..