Tuesday, December 11, 2007

Hujan Meteor 13 - 14 Desember

Desember ini, kita akan disuguhi pemandangan indah di langit. Bukan karena ada penari joget di sana sambil diam-diam memelorotkan busana, atau pemandangan semacam itu. yang terjadi adalah hujan meteor.

Waktu kecil, saya sering menyebutnya sebagai bintang jatuh. Memang seperti bintang bergerak atau berpindah, seolah jatuh dari langit. Tapi yang akan terjadi Desember ini adalahHujan Meteor Geminidis (GEM-IMO37).

Hujan meteor ini terjadi antara tanggal 7 - 17 Desember. Puncaknya terjadi sekitar tanggal 13 - 14 Desember. Kalau langit bersih dan tidak hujan, kita bisa menyaksikan meteor ini berjatuhan dengan warna-warni yang indah. Saat puncak, bisa mencapai 120 kilasan meteor.

Kalau berminat, keluar saja dan lihat ke langit sebelah Timur Laut sekitar jam delapan malam. Ini bisa berlangsung sampai pagi dengan hujan meteor bergerak ke arah barat. Dinamai Hujan Meteor Geminids, karena posisinya memang searah dengan rasi gemini.

Tentu, kalau mengamati dengan teropong atau binocular, akan lebih jelas. Syaratnya, ya itu tadi: tidak hujan atau mendung. Sebab di sebagian besar wilayah Indonesia, saat ini memang sudha masuk musim penghujan.

13 comments:

geLLy said...

aku mulai berdoa ...moga saat itu ga' hujan n geL bs lihat meteor AMIEENN>>^^0^^

adekjaya said...

kreen mas kalo bisa liat langsung..palagi sambil nyuruput kopi, diluar tenda ditengah savana gunung yang luas...

CempLuk said...

penghujung desember dimeriahkan atraksi alam nih..

CempLuk said...

penghujung desember dimeriahkan atraksi alam nih..

Anang said...

wah kaya hujan meteor parseid dulu ya..... tapi sekarang di geminids

ichal said...

pengen bangetttt ngeliat tontonan hujan meteor!!!

cuma emang di rumah mendung n hujan gak berhenti terus neh pak!!!

gimana dong?

Fatah said...

kalo bintang jatuh pernah 2 kali ngeliat,tapi kalo hujan meteor blom pernah liat :(

aroengbinang said...

weh, beberapa bulan lalu juga ada hujang meteor; sempat naik ke atas atap, namun gak terlihat apa pun... ke planetarium mungkin lebih asik nya...)

artja said...

@all:
jakarta hujan terus. nggak bisa liat meteor. pemandangan terhalang payung. :(

mel@ said...

yah... udah lewat dong... hiks... hiks... hiks...

Eucalyptus said...

Wah saya ketinggalan dong, gak ngeliat tuh

A'Unk~en~Lxmw said...

salam kenal
blognya bagus :)
saya dapat link blog ini dari blog mas anang
kapan2 baca blog saya juga ya
makasih :)

senyumlah pada dunia said...

mmm... bermanfaat ye...kayak meteor garden kali yahh... eh suka site ni.. banyak tentang bagaimana kita sayang bumi ni

Nurul. lembarankehidupa.blogspot.com