Thursday, March 22, 2007

Buku Tamu

Ada seorang pemilik kedai kopi yang memutuskan untuk menyediakan sebuah buku tamu. Ia, selain ingin mengetahui siapa saja pengunjung kedainya, rupanya juga ingin mendapatkan komentar bagi pelayanan yang telah ia suguhkan. Maka setiap tamu yang singgah selalu dimohon untuk mengisi buku itu dengan menuliskan nama serta kritik dan saran.

Setiap kali ada pelanggan memanggil pelayan untuk menghitung tagihan, buku itu dibawa dan diletakkan di meja pelanggan untuk diisi. Biasanya pengunjung mengisi buku tamu itu sambil menunggu uang kembalian atau perhitungan tagihan. Pemilik kedai terkadang sengaja mengulur waktu agar si tamu punya kesempatan berfikir agak panjang sebelum menuliskan komentar mereka. Setelah tamu menulis, si pemilik kedai biasanya langsung membaca, terutama, bagian kritik dan saran. Tapi anehnya, si pemilik kedai kemudian berteriak kepada tamu yang hendak pergi itu, bahwa tulisan, kritik, maupun sarannya sama sekali tak bermutu, tak berdasar. Dia menyangkal tulisan di buku tamu itu, menolak apa yang tertera di sana, seraya mengajukan argumen-argumen penyangkalannya. Untunglah kebanyakan dari tamu-tamu yang diteriaki itu tak terlalu memedulikan atau memusinkan sangkalan dan protes si pemilik kedai tersebut, sehingga potensi keributan bisa dianggap tiada.

Keesokan harinya, tamu-tamu masih berdatangan, baik dari pelanggan setianya maupun pengunjung yang hanya sesekali mampir saja. Ternyata mereka tetap disodori buku tamu saat hendak pergi meninggalkan kedai, walaupun sebagian dari mereka sudah pernah mengisinya. Meskipun si pemilik kedai tidak mengharuskan para tamu untuk mengisi, tapi ia tetap meminta agar pelayan membawa buku itu ke meja pengunjung. Sebagian tamu menolak mengisinya, karena sudah hafal dengan tabiat pemilik kedai dan ingin menghindari keributan. Lha wong ke kedai kopi 'kan mau santai, bukan cari keributan. Hanya sebagian kecil tamu yang bersedia mengisinya. Itupun hanya mereka yang tak terlalu ambil peduli akan sanggahan pemilik kedai atas kritik dan saran mereka. Sebab seusai mengisi, si pemilik kedai lagi-lagi berteriak kepada tamu tersebut dan menyangkal kata-kata yang dituliskan. Sedangkan kepada tamu yang tidak bersedia mengisi buku itu, si pemilik kedai bertanya-tanya dalam hati, "Kenapa mereka tak mau lagi mengisi buku ini, ya?" Dan si pelanggan yang ogah itu, biasanya bergumam juga dalam hati, "Kalau tidak mau dikomentari, ya jangan menyediakan peluang untuk dikomentari dong!"

Kini suasana kedai itu jadi terasa aneh, terutama bagi mereka yang pernah disodori lembaran komentar dan mengisinya, tapi lantas malah diberi sanggahan balik atas komentar mereka. Bahkan ada juga yang memutuskan untuk tak lagi datang ke kedai itu.

Maka saya pun teringat dengan Doa Untuk Anakku karya Emha Ainun Nadjib yang penggalannya antara lain seperti ini:

...
Tuhan,
cambuklah punggungnya
agar tahu bahwa ia butuh kawannya
untuk melihat punggung yang tak nampak olehnya.

...

Mudah-mudahan, kita bukan orang bebal yang seperti pemilik kedai itu. :)

15 comments:

NiLA Obsidian said...

kita ingin sekali mendengar komentar org tentang diri kita.....tapi tidak siap kalo org mengomentari kejelekan kita.....

*aku pikir pemilik kedai itu sdh sadar ilmu PR....ternyata lebih parah hasilnya*

salam om artja

CempLuk said...

di kritik kok marah marah??dasar aneh tukang kedai tsb..kan jadi ngerugiin kedai nya sendiri (jadi yang kabur dari kedainya)..Kritik merupakan hal yang bisa memotivasi kita utk maju dan maju, karena orang sukses tak luput dari sebuah kritik,tul kan mas??

mel@ said...

nah... kalo ga siap dapet komentar yang nyelekit... jangan bikin postingan yang nyelekit juga kali yaa... :P

artja said...

@nila :
ilmu memang bisa menjadi baik atau buruk, tergantung siapa yg memakainya, ya?

@cempluk:
setuju

@mela:
he-eh. setuju banget. tapi, ini kan ngomongin kedai kopi? :P

toufan tambunan said...

emang itu adalah salah satu sifat manusia, resisten terhadap kritik, manusiawilah...
...hanya saja jangan berlebihan resistensi nya, kita harus tetap bisa menerimanya sebagai bagian perbaikan diri kita. yang dikritik harus bijak.
yang ngritik juga harus cerdas,
baca aja :
http://topantambunan.blogspot.com/2007/02/kritik-bukan-sekedar-kripik.html

he....he....

joni said...

ya kalo gak mau dikritik jangan nyodorin buku tamu lah? kan ngasih buku tamu artinya siap untuk menerima pesan dan kesan walo itu sebuah kritikan. :)

aroengbinang said...

hmmmmm, tulisan yg bagus, membuat dahi sedikit berkernyit karena sekali2 mungkin kita berperilaku sperti si pemilik kedai yg mudah2an tidak seperti keledai yg tidak blajar dari kesalahan ndiri. salam.

Kristin said...

aneh bener pemilik kedai itu... tapi kl mo ngaca lagi.. mungkin kita jg spt itu:D

Busranto Abdullatif Doa said...

Thanks 4 U'r Tip, Now... my blog had a "read more". Visit my blog please...!!!

Herry Wibowo said...

Mental kita kadang nggak siap dengan sesuatu yang kita tidak inginkan. Seperti kritikan, sanggahan atau bahkan kecaman. Tapi inilah hidup, kita hidup bersama banyak orang, kalo mau tau kesalahan kita apa ya harus dengerin kata orang dong. Siapa sih yang bisa lihat punggung kita selain org lain? ( Seperti Puisinya Cak Nun diatas. )

Anonymous said...

инцест малолетки http://free-3x.com/ порно с малолетними японочками фото free-3x.com/ порно домашнее студенты [url=http://free-3x.com/]free-3x.com[/url]

Anonymous said...

...please where can I buy a unicorn?

Anonymous said...

Esto no en absoluto lo que me es necesario. Hay otras variantes? http://nuevascarreras.com/cialis/ cialis o viagra Siamo spiacenti, la questione ГЁ stata rimossa cialis 5 mg rqlutmtool [url=http://www.mister-wong.es/user/COMPRARCIALIS/comprar-viagra/]comprar cialis[/url]

Anonymous said...

[color=#11593c]
Не знаеш который час в этом городе? И кстати.. есть cупер мысль по[url=http://www.pi7.ru] видео[/url] порталу Думаю вам понравится

[url=http://www.pi7.ru]порно мальчик трахает тётю [/url]
aнекдот для разнообразия :)

Сидят ад деда в куста, испражняютс.я Один другому:
- А помнишь, раньше время было, яйца то до земли достваали.
- Д,а осела земля, осела.

Я 8 часов блуждал по сети, пока ее ывшела а ваш форум! Думаю, я здесь останусь надолго!
прошу прощения за опечатки.... очень маленнькая клавиатура у PDA!

[/color]

Anonymous said...

http://markonzo.edu So where it to find?, ashley furniture price [url=http://jguru.com/guru/viewbio.jsp?EID=1536072]ashley furniture price[/url], bhmreb, allegiant air verdict [url=http://jguru.com/guru/viewbio.jsp?EID=1536075]allegiant air verdict[/url], 88377, pressure washers info [url=http://jguru.com/guru/viewbio.jsp?EID=1536078]pressure washers info[/url], ppgjfog, dishnetwork blog [url=http://jguru.com/guru/viewbio.jsp?EID=1536080]dishnetwork blog[/url], ilwkgy, adt security preview [url=http://jguru.com/guru/viewbio.jsp?EID=1536076]adt security preview[/url], 70378,