Thursday, August 09, 2007

Arya Penangsang

Gara-gara orangtuanya dibunuh, Arya Penangsang yang saleh itu gelap mata. Darah mudanya menggelegak. Maka saat penghinaan sekali lagi datang, ia menghunus Setan Kober atas nama dendam. Sayang, Allah lebih memilihnya untuk mati syahid sebelum membalaskan sakit hatinya. Musuhnya, dengan cara sangat teramat licik, membuat kuda tunggangannya menjadi liar dan tak terkendali.

Lalu sejarah ditulis dengan keliru, semata-mata demi melanggengkan kekuasaan. Arya Penangsang, murid terkasih Sunan Kudus itu syahid, tapi namanya dicerca sepanjang masa dengan cap Pemberontak Negara.

9 comments:

Senang Baca Tulis said...

kok pendek sekali?

reeyo said...

bener, kok pendek sekali padahal saya berharap bisa tahu kisah tentang Arya Penangsang

Anonymous said...

bisa ga diceritain lebih detail lagi kisah arya penangsangnya?

Iwan GHEROBAX'S said...

mas arief, cerita yang mas arief lontarkan itu dasarnya khan dari kebanyakan bersumber dari masa Kerajaan Pajang yang kemudiaan akhirnya dipercaya oleh sebagian masyarakat Jawa bahkan dari peristiwa itu dijadikan sebuah tradisi budaya. Peristiwa raja Pajang (Jaka tingkir) yang katanya sudah membunuh Aria Penangsang harus disikapi dengan kritis namun bijaksana.Dan saya sangat tidak setuju dengan mas arief yang mengatakan bahwa Aria Penangsang mati syahid.Lha wong Aria Penangsang mati dengan wajar kok disebuah tempat. Ia hidup dengan damai kok tanpa suatu apapun bersama anak-anaknya.
cerita tentang beliau tewas itu khan karena kerjaannya pujangga kerajaan pajang yang tidak tidak punya keberanian untuk mengungkapkan fakta yang sebenarnya terjadi. Ya namanya juga penguasa pastilah ceritanya serba heroik, bijaksana, penuh dengan keajaiban serta serba sempurna, sedangkan musuhnya pasti digambarkan serba rusak, bobrok,jahat, kejam dan tetek bengek lainnya. Dan itu sudah lumrah terjadi dalam sebuah kekuasaan apalagi yang sifatnya kerajaan. namun walaupun demikian yang namanya kebenaran harus tetap diungkapkan. Jangan sampai kita mati membawa beban sejarah. Jadi Insya Allah cerita dan mitos yang mengatakan bahwa beliau itu "horor" sejarah tidaklah seluruhnya benar. dan yakinlah bahwa kebenaran itu akan Allah tunjukkan dengan caranya walaupun harus menunggu kurang lebih 500 tahun

sangguna said...

Tuan,
betul ke seperti yg dicerita, mengikut cerita dari banyak sumber katanya Aria Penangsang itu org yg pemarah dan kurang sabar.

Arryop said...

tp keturunan arya penangsang ad silsilahnya ga............./?

RENAISSANCE said...

arya penangsang dalam kematianya sungguh konyol .. saya pernah membaca di buku babad mataram

RENAISSANCE said...

arya penangsang dalam kematianya sungguh konyol .. saya pernah membaca di buku babad mataram

http://adhytiawans.blogspot.com

Dius Putra Damiri said...

arya penangsang tidak konyol...jgn percaya dari 1 sumber bacaan saja....kita harus kritis dan bijaksana meneliti sejarah..krna tidak semua benar seperti apa yg di ceritakan.....