Monday, August 06, 2007

Mangrove (4)

Tentang nama mangrove.

Kenapa disebut mangrove? Begini, ada dua kata pembentuk mangrove:
1. Mangue, dari bahasa portugis, dan
2. Grove, dari bahasa Inggris.

Dalam kamus bahasa Inggris, M4n9rove berarti komunitas tumbuhan yang hidup di daerah pasang surut air laut beserta segala spesies tumbuhan yang menyusunnya.

Dalam bahasa Portugis sendiri, mengrove menyatakan individu spesies tumbuhan. Sedangkan komunitas tumbuhan tersebut biasa disebut mangal. (kalu salah, koreksi, dunk)

Beberapa pakar memiliki definisi yang tidak seragam untuk kata mangrove ini, namun perbedaannya tidak dalam ranah yang prinsip dan tidak jauh berbeda dengan yang selama ini telah kita pahami.

Ada beberapa istilah lain yang mengacu pada mangrove seperti Tidal Forest, Coastal Woodland, Hutan Payau, serta Hutan Bakau, walaupun definisi terakhir ini agak salah kaprah karena bakau hanyalah saal satu jenis mangrove.

Tentu saja, definisi hanya kita gunakan sebagai alat mengenal dan membedakan. Yang paling penting, tentu saja kemampuan kita memperlakukan mangrove ini sebagai bagian yang tak terpisahkan dari keberlangsungan hidup kita sebagai manusia dan sesama ciptaanNya.

Semoga nggak ada yang bosen mbaca mangrove. Apalagi sampe muntah gara-gara kebanyakan postingan mengenai mangrove.
piss... :)>-

4 comments:

CempLuk said...

wah dapat pengetahuan baru neh ttg mangrove..trims mas..

Dew said...

Bagus kok, lanjut aja.
Belum pernah denger ada yg muntah karena baca.
Kalo karena hamil muda, baru pernah.. pernah denger & ngerasain.

amethys said...

saat ini aku lagi di Puerto Vallarta, mexico...disini banyak hutan payau seperti yg dikauw ceritaain.....hihihi aku tiap lewat daerah itu jadi ingat cerita dikauw...malah berusaha mengamati lageeee......:D

artja said...

@cempluk:
thx.

@dew:
kok bawa-bawa hamil muda segala?

@wieda:
Waaaa.... mexico??? jadi iriiiii...